Tugas Pengawas Sekolah

tugas pengawas sekolah artikel berikut di peruntukkan oleh lembaga pengawas dalam bidang tugas pengawas sekolah yang bersumber dari blog ini dan semoga artikel tentang Tugas Pengawas Sekolah bermanfaat untuk anda dalam mengetahui tugas seorang pengaas sekolah semoga membantu anda.?

Diambil dari: Nana Sudjana. 2006. Standar Mutu Pengawas. Jakarta: Depdiknas)
A. Tugas Pokok Pengawas Sekolah
Tugas Pokok dan Fungsi Pengawas SekolahTugas pokok pengawas sekolah/satuan pendidikan adalah melakukan penilaian dan pembinaan dengan melaksanakan fungsi-fungsi supervisi, baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial. Berdasarkan tugas pokok dan fungsi di atas minimal ada tiga kegiatan yang harus dilaksanakan pengawas yakni:
  1. Melakukan pembinaan pengembangan kualitas sekolah, kinerja kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja seluruh staf sekolah,
  2. Melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan program sekolah beserta pengembangannya,
  3. Melakukan penilaian terhadap proses dan hasil program pengembangan sekolah secara kolaboratif dengan stakeholder sekolah.
Mengacu pada SK Menpan nomor 118 tahun 1996 tentang jabatan fungsional pengawas dan angka kreditnya, Keputusan bersama Mendikbud nomor 03420/O/1996 dan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara nomor 38 tahun 1996 tentang petunjuk pelaksanaan jabatan fungsional pengawas serta Keputusan Mendikbud nomor 020/U/1998 tentang petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional pengawas sekolah dan angka kreditnya, dapat dikemukakan tentang tugas pokok dan tanggung jawab pengawas sekolah yang meliputi:
  1. Melaksanakan pengawasan penyelenggaraan pendidikan di sekolah sesuai dengan penugasannya pada TK, SD, SLB, SLTP dan SLTA.
  2. Meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar/bimbingan dan hasil prestasi belajar/bimbingan siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
Tugas pokok yang pertama merujuk pada supervisi atau pengawasan manajerial sedangkan tugas pokok yang kedua merujuk pada supervisi atau pengawasan akademik. Pengawasan manajerial pada dasarnya memberikan pembinaan, penilaian dan bantuan/bimbingan mulai dari rencana program, proses, sampai dengan hasil. Bimbingan dan bantuan diberikan kepada kepala sekolah dan seluruh staf sekolah dalam pengelolaan sekolah atau penyelenggaraan pendidikan di sekolah untuk meningkatkan kinerja sekolah. Pengawasan akademik berkaitan dengan membina dan membantu guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran/bimbingan dan kualitas hasil belajar siswa.
Sedangkan wewenang yang diberikan kepada pengawas sekolah meliputi: (1) memilih dan menentukan metode kerja untuk mencapai hasil yang optimal dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kode etik profesi, (2) menetapkan tingkat kinerja guru dan tenaga lainnya yang diawasi beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya, (3) menentukan atau mengusulkan program pembinaan serta melakukan pembinaan. Wewenang tersebut menyiratkan adanya otonomi pengawas untuk menentukan langkah dan strategi dalam menentukan prosedur kerja kepengawasan. Namun demikian pengawas perlu berkolaborasi dengan kepala sekolah dan guru agar dalam melaksanakan tugasnya sejalan dengan arah pengembangan sekolah yang telah ditetapkan kepala sekolah.
Berdasarkan kedua tugas pokok di atas maka kegiatan yang dilakukan oleh pengawas antara lain:
  1. Menyusun program kerja kepengawasan untuk setiap semester dan setiap tahunnya pada sekolah yang dibinanya.
  2. Melaksanakan penilaian, pengolahan dan analisis data hasil belajar/bimbingan siswa dan kemampuan guru.
  3. Mengumpulkan dan mengolah data sumber daya pendidikan, proses pembelajaran/bimbingan, lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap perkembangan hasil belajar/bimbing­an siswa.
  4. Melaksanakan analisis komprehensif hasil analisis berbagai faktor sumber daya pendidikan sebagai bahan untuk melakukan inovasi sekolah.
  5. Memberikan arahan, bantuan dan bimbingan kepada guru tentang proses pembelajaran/bimbingan yang bermutu untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar/ bimbing­an siswa.
  6. Melaksanakan penilaian dan monitoring penyelenggaran pendidikan di sekolah binaannya mulai dari penerimaan siswa baru, pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan ujian sampai kepada pelepasan lulusan/pemberian ijazah.
  7. Menyusun laporan hasil pengawasan di sekolah binaannya dan melaporkannya kepada Dinas Pendidikan, Komite Sekolah dan stakeholder lainnya.
  8. Melaksanakan penilaian hasil pengawasan seluruh sekolah sebagai bahan kajian untuk menetapkan program kepengawasan semester berikutnya.
  9. Memberikan bahan penilaian kepada sekolah dalam rangka akreditasi sekolah.
  10. Memberikan saran dan pertimbangan kepada pihak sekolah dalam memecahkan masalah yang dihadapi sekolah berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan.
Berdasarkan uraian di atas maka tugas pengawas mencakup: (1) inspecting (mensupervisi), (2) advising (memberi advis atau nasehat), (3) monitoring (memantau), (4) reporting (membuat laporan), (5) coordinating (mengkoordinir) dan (6) performing leadership dalam arti memimpin dalam melaksanakan kelima tugas pokok tersebut (Ofsted, 2003).
Tugas pokok inspecting (mensupervisi) meliputi tugas mensupervisi kinerja kepala sekolah, kinerja guru, kinerja staf sekolah, pelaksanaan kurikulum/mata pelajaran, pelaksanaan pembelajaran, ketersediaan dan pemanfaatan sumberdaya, manajemen sekolah, dan aspek lainnya seperti: keputusan moral, pendidikan moral, kerjasama dengan masyarakat.
Tugas pokok advising (memberi advis/nasehat) meliputi advis mengenai sekolah sebagai sistem, memberi advis kepada guru tentang pembelajaran yang efektif, memberi advis kepada kepala sekolah dalam mengelola pendidikan, memberi advis kepada tim kerja dan staf sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah, memberi advis kepada orang tua siswa dan komite sekolah terutama dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan.
Tugas pokok monitoring/pemantauan meliputi tugas: memantau penjaminan/ standard mutu pendidikan, memantau penerimaan siswa baru, memantau proses dan hasil belajar siswa, memantau pelaksanaan ujian, memantau rapat guru dan staf sekolah, memantau hubungan sekolah dengan masyarakat, memantau data statistik kemajuan sekolah, memantau program-program pengembangan sekolah.
Tugas pokok reporting meliputi tugas: melaporkan perkembangan dan hasil pengawasan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Propinsi dan/atau Nasional, melaporkan perkembangan dan hasil pengawasan ke masyarakat publik, melaporkan perkembangan dan hasil pengawasan ke sekolah binaannya.
Tugas pokok coordinating meliputi tugas: mengkoordinir sumber-sumber daya sekolah baik sumber daya manusia, material, financial dll, mengkoordinir kegiatan antar sekolah, mengkoordinir kegiatan preservice dan in service training bagi Kepala Sekolah, guru dan staf sekolah lainnya, mengkoordinir personil stakeholder yang lain, mengkoordinir pelaksanaan kegiatan inovasi sekolah.
Tugas pokok performing leadership/memimpin meliputi tugas: memimpin pengembangan kualitas SDM di sekolah binaannya, memimpin pengembangan inovasi sekolah, partisipasi dalam memimpin kegiatan manajerial pendidikan di Diknas yang bersangkutan, partisipasi pada perencanaan pendidikan di kabupaten/kota, partisipasi pada seleksi calon kepala sekolah/calon pengawas, partisipasi dalam akreditasi sekolah, partisipasi dalam merekruit personal untuk proyek atau program-program khusus pengembangan mutu sekolah, partisipasi dalam mengelola konflik di sekolah dengan win-win solution dan partisipasi dalam menangani pengaduan baik dari internal sekolah maupun dari masyarakat. Itu semua dilakukan guna mewujudkan kelima tugas pokok di atas.
Berdasarkan uraian tugas-tugas pengawas sebagaimana dikemukakan di atas, maka pengawas satuan pendidikan banyak berperan sebagai: (1) penilai, (2) peneliti, (3) pengembang, (4) pelopor/inovator, (5) motivator, (6) konsultan, dan (7) kolaborator dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah binaannya. Dikaitkan dengan tugas pokok pengawas sebagai pengawas atau supervisor akademik yaitu tugas pokok supervisor yang lebih menekankan pada aspek teknis pendidikan dan pembelajaran, dan supervisor manajerial yaitu tugas pokok supervisor yang lebih menekankan pada aspek manajemen sekolah dapat dimatrikkan dalam tabel berikut ini.
Tabel 1. Matrik Tugas Pokok Pengawas
Rincian
Tugas
Pengawasan Akademik
(Teknis Pendidikan/ Pembelajaran)
Pengawasan Manajerial
(Administrasi dan Manajemen Sekolah)
Inspecting/
Pengawasan
Pelaksanaan kurikulum mata pelajaran
Proses pembelajaran/ praktikum/ studi lapangan
Kegiatan ekstra kurikuler
Penggunaan media, alat bantu dan sumber belajar
Kemajuan belajar siswa
Lingkungan belajar
Pelaksanaan kurikulum sekolah
Penyelenggaraan dministrasi sekolah
Kinerja kepala sekolah dan staf sekolah
Kemajuan pelaksanaan pendidikan di sekolah
Kerjasama sekolah dengan masyarakat
Advising/
Menasehati
Menasehati guru dalam pembelajaran/bimbingan yang efektif
Guru dalam meningkatkan kompetensi professional
Guru dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
Guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas
Guru dalam meningkatkan kompetensi pribadi, sosial dan pedagogik
Kepala sekolah di dalam mengelola pendidikan
Kepala sekolah dalam melaksanakan inovasi pendidikan
Kepala sekolah dalam peningkatan kemamapuan professional kepala sekolah
Menasehati staf sekolah dalam melaksanakan tugas administrasi sekolah
Kepala sekolah dan staf dalam kesejahteraan sekolah
Monitoring/
Memantau
Ketahanan pembelajaran
Pelaksanaan ujian mata pelajaran
Standar mutu hasil belajar siswa
Pengembangan profesi guru
Pengadaan dan pemanfaatan sumber-sumber belajar
Penyelenggaraan kurikulum
Administrasi sekolah
Manajemen sekolah
Kemajuan sekolah
Pengembangan SDM sekolah
Penyelenggaraan ujian sekolah
Penyelenggaraan penerimaan siswa baru
Coordinating/
mengkoordinir
Pelaksanaan inovasi pembelajaran
Pengadaan sumber-sumber belajar
Kegiatan peningkatan kemampuan profesi guru
Mengkoordinir peningkatan mutu SDMsekolah
Penyelenggaraan inovasi di sekolah
Mengkoordinir akreditasi sekolah
Mengkoordinir kegiatan sumber daya pendidikan
Reporting
Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran
Kemajuan belajar siswa
Pelaksanaan tugas kepengawasan akademik
Kinerja kepala sekolah
Kinerja staf sekolah
Standar mutu pendidikan
Inovasi pendidikan
B. Fungsi Pengawas Sekolah
Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, pengawas sekolah melaksanakan fungsi supervisi, baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial.
Supervisi akademik adalah fungsi supervisi yang berkenaan dengan aspek pembinaan dan pengembangan kemampuan profesional guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan bimbingan di sekolah.
Sasaran supervisi akademik antara lain membantu guru dalam: (1) merencanakan kegiatan pembelajaran dan atau bimbing­­an, (2) melaksanakan kegiatan pembelajaran/ bimbing­an, (3) menilai proses dan hasil pembelajaran/ bimbingan, (4) me­manfaat­kan hasil penilaian untuk peningkatan layanan pem­belajaran/bimbingan, (5) memberikan umpan balik secara tepat dan teratur dan terus menerus pada peserta didik, (6) melayani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, (7) memberikan bimbingan belajar pada peserta didik, (8) menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, (9) mengembangkan dan me­manfaat­kan alat Bantu dan media pembelajaran dan atau bimbingan, (10) memanfaatkan sumber-sumber belajar, (11) me­ngembangkan interaksi pembelajaran/bimbingan (metode, strategi, teknik, model, pendekatan dll.) yang tepat dan berdaya guna, (12) melakukan penelitian praktis bagi perbaikan pem­belajaran/bimbingan, dan (13) mengembangkan inovasi pem­belajar­an/bimbingan.
Dalam melaksanakan fungsi supervisi akademik seperti di atas, pengawas hendaknya berperan sebagai:
  1. Mitra guru dalam meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran dan bimbingan di sekolah binaannya
  2. Inovator dan pelopor dalam mengembangkan inovasi pembelajaran dan bimbingan di sekolah binaannya
  3. Konsultan pendidikan di sekolah binaannya
  4. Konselor bagi kepala sekolah, guru dan seluruh staf sekolah
  5. Motivator untuk meningkatkan kinerja semua staf sekolah
Supervisi manajerial adalah fungsi supervisi yang berkenaan dengan aspek pengelolaan sekolah yang terkait langsung dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas sekolah yang mencakup: (1) pe­rencanaan, (2) koordinasi, (3) pelaksanaan, (3) penilaian, (5) pengembangan kompetensi SDM kependidikan dan sumberdaya lainnya. Sasaran supervisi manajerial adalah membantu kepala sekolah dan staf sekolah lainnya dalam mengelola administrasi pendidikan seperti: (1) administrasi kurikulum, (2) administrasi keuangan, (3) administrasi sarana prasarana/perlengkapan, (4) administrasi personal atau ketenagaan, (5) administrasi kesiswaan, (6) administrasi hubungan sekolah dan masyarakat, (7) administrasi budaya dan lingkungan sekolah, serta (8) aspek-aspek administrasi lainnya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Dalam melaksanakan fungsi supervisi manajerial, pengawas hendaknya berperan sebagai:
  1. Kolaborator dan negosiator dalam proses perencanaan, koordinasi, pengembang­an manajemen sekolah,
  2. Asesor dalam mengidentifikasi kelemahan dan menganalisis potensi sekolah binaannya
  3. Pusat informasi pengembangan mutu pendidikan di sekolah binaannya
  4. Evaluator/judgement terhadap pemaknaan hasil pengawasan
C. Kewenangan dan Hak Pengawas Sekolah
Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengawas sekolah/satuan pendidikan, setiap pengawas memiliki kewenangan dan hak-hak yang melekat pada jabatannya. Beberapa kewenangan yang ada pada pengawas adalah kewenangan untuk:
  1. Bersama pihak sekolah yang dibinanya, menentukan program peningkatan mutu pendidikan di sekolah binaannya.
  2. Menyusun program kerja/agenda kerja kepengawasan pada sekolah binaannya dan membicarakannya dengan kepala sekolah yang bersangkutan,
  3. Menentukan metode kerja untuk pencapaian hasil optimal berdasarkan program kerja yang telah disusun.
  4. Menetapkan kinerja sekolah, kepala sekolah dan guru serta tenaga kependidikan guna peningkatan kualitas diri dan layanan pengawas.
Hak yang seharusnya diperoleh pengawas sekolah yang profesional adalah :
  1. Menerima gaji sebagai pegawai negeri sipil sesuai dengan pangkat dan golongannya,
  2. Memperoleh tunjangan fungsional sesuai dengan jabatan pengawas yang dimilikinya,
  3. Memperoleh biaya operasional/rutin untuk melaksanakan tugas-tugas kepengawasan seperti; transportasi, akomodasi dan biaya untuk kegiatan kepengawasan.
  4. Memperoleh tunjangan profesi pengawas setelah memiliki sertifikasi pengawas.
  5. Menerima subsidi dan insentif untuk menunjang pelaksanaan tugas dan pengembangan profesi pengawas.
  6. Memperoleh tunjangan khusus bagi pengawas yang bertugas di daerah terpencil, rawan kerusuhan dan atau daerah bencana alam.
Semua biaya hak di atas dibebankan pada Pemerintah Pusat dan Daerah. Sedangkan tunjangan kesejahteraan diharapkan diberikan oleh pemerintah daerah. Besarnya tunjangan-tunjangan di atas disesuaikan dengan kemampuan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Subsidi dan insentif untuk peningkatan profesionalitas pengawas diberikan sekali dalam setahun oleh pemerintah melalui Direktorat Tenaga Kependidikan. Besarnya subsidi dan insentif disesuaikan dengan kemampuan anggaran. Subsidi diberikan kepada pengawas melalui koordinator pengawas (korwas) yang ada disetiap Kabupaten/Kota. Untuk itu setiap korwas perlu menyusun program dan kegiatan peningkatan kemampuan profesionalisme pengawas di daerah­nya.
Perlu adanya pemikiran lebih lanjut mengenai status kepegawaian pengawas sekolah, apakah berstatus pegawai pusat yang ditempatkan di daerah. Ataukah tetap sebagai pegawai daerah, baik di tingkat provinsi (pengawas SMA dan SMK), di kabupaten (pengawas SLB dan SMP) dan di kecamatan (pengawas TK/SD).
==========

label

4shared acara tv ada Adat Istiadat Indonesia agama Agama Islam Air Bersih Android aneh Aneka Resep Kue Aneka Resep Puding animasi Animasi Allah Animasi bbm animasi Bergerak Animasi Powerpoint antivirus Apa AJA aplikasi Arti Kata Arti Mimpi Artikel Belajar Ngeblog Artikel Dhono wareh artikel ibu artikel Remaja artis Askep Background Power Point Badan Pemerintah Bahasa Jawa Bahasa Sunda Baju Batik modern baju korea Bali bank Bantuan Dana Barner basket Batik Batik Bola Bau Badan bayi belajar bahasa indo Belajar bahasa Inggris Belajar bahasa Korea Belajar Corel Draw Belajar Fisika belajar Kimia belajar komputer Belajar matematika belajar menggambar belajar microsoft word Belajar PowerPoint Belajar sejarah Belajar sejarah Islam belajar umum berita artis berita heboh Berita Teknologi Bibi lung Bimbingan Konseling binatang Bingkai Foto Bingkai Ijasah Sertifikat Bingkai Undangan Biodata Artis Korea Biografi Artis Indonesia Biografi Boyband Biografi Pahlawan Biografi Pemain bola Biologi bisnis bisnis online blackberry Bola Dunia Boneka Boneka Danbo browser Budaya budaya nusantara Budidaya Tanaman Budidaya Ternak Bunga Burung Pleci Busana Pengantin cara Cara Daftar cara download cara Membuat Cara Membuat Blog Cara Membuat Makalah Cara Mencuci Cara Mengobati Cara Shalat CDMA Ceramah Islam Cerita Lucu Cerita Lucu Bahasa Jawa Cerita Pahlawan Cerita Rakyat cerita rakyat Dalam Bahasa Inggris Cerpen Cerpen Bahasa Indonesia Cerpen Bahasa Inggris Cerpen Bahasa Sunda cerpen cinta cerpen ibu Cerpen Persahabatan cerpen remaja cerpen romantis Cerpen Sedih cheat Game Pc Chord Kunci Gitar Cinderella Cinta coboy junior contoh Contoh Brosur Contoh Desain Spanduk contoh descriptive contoh expression Contoh Narrative Texts Contoh Paragraf Contoh Paragraf Deskriptif contoh Pidato contoh Pidato Bahasa Jawa Contoh Pidato Bahasa Sunda Contoh Proposal Contoh Soal CPNS Contoh Soal Matematika contoh surat contoh surat lamaran kerja Contoh Surat Pengaduan Contoh surat Pernyataan Contoh Susunan Acara Cupcake Daftar Email Daftar Nama Bayi Dakwah Ramadhan Dialog Bahasa Inggris Doa Dongeng Download Download font Download Game Download IDM terbaru Download Kamus Download Makalah Download Musik Download Musik Korea Download Program Download Skripsi Karya Ilmian Download Smadav Download Software Terbaru DP BBM Drama drama korea drama Mandarin ebook Belajar bahasa Ingris ebook Islam Ebook Pemrograman Ekosistem entertaiment facebook fakta film foto afika Foto artis foto cantik Frekuensi Chanel parabola futsal Gaji Umr Indonesia Galau gambar animasi gerak Gambar Animasi Islam Gambar animasi Kimia Gambar Bergerak Gambar Contoh Undangan Pernikahan Gambar Contoh Undangan Ulang Tahun Gambar Logo Gambar Lucu game Game Online game PC Geguritan Gemscool Geografi gif gokil Gombalan Gunung hamil harga harga emas harga nokia harga samsung Harga Tiket Hari Ulang Tahun Hewan langka Hobi Hobi Ayam Bangkok Aduan Hobi Burung hobi cupang Hobi Ikan Hobi Mancing Hobi Tanaman Hukum humor idm iklan Ilmu Ekonomi Ilmu Pengetahuan Alam ilmu pengetahuan umum Indonesian Idol 2013 Info penting informasi gadget Internet Inverter IPA IPS Iseng Islami jadwal jadwal sepak bola jadwal sepak bola ISL Jakarta Jantung sehat Jaringan Komputer Jawa Tengah jepang Jerawat jilbab Ka Kata Galau Karangan Karikatur Karikatur kartun Kartu Nama Kartu Ucapan Kartun Islami Kartun lucu Karya Tulis Ilmiah kata kata bijak Kata Bijak Bahasa Inggris kata cinta Kata Galau Kata Gaul kata gombal kata indah Kata Kata Lucu kata kata mutiara kata lucu kata motivasi kata mutiara Kata Mutiara Cinta Kata Penyemangat Kata Penyesalan Kata Rindu kata romantis kata sedih Kata Sindiran Kata Ucapan Kata Ucapan Terimakasih Kata-kata Bijak Kebaya Muslim Kebersihan Lingkungan Kebudayaan kedokteran Keindahan Dunia kekasih Kerajinan Tangan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Kerajinan Tangan Dari Kertas Kerajinan Tangan Dari Manik manik Kerja Kesehatan Kesehatan Tubuh Khasiat Buah Khotbah Kisi Kisi Soal Kisi Kisi Soal Ujian Nasional Korea kreatifitas Kucing kue Kuliah Kumpulan Puisi Kumpulan Puisi Cinta lagu barat lagu terbaru lampu UV Lapangan Olah raga Latihan Membentuk Otot Latihan Office Word lebaran Lirik Lagu Popular Logo Lowongan Kerja lucu makanan sehat Manajemen Pendidikan Manfaat Danging Manfaat Olah Raga Mario teguh Memakai Jilbab Membuat membuat skripsi Mempercepa Smartfrend Mempercepat Koneksi Internet Merawat bayi mikroskop MNCTV Model Baju Model Kebaya Modifikasi CB100 Modifikasi motor Modifikasi Vespa Motivasi Diri mozilla firefox musik Nama Pemain Drama Korea Narkoba naruto nasehat agama Naskah Drama Naskah Drama Legenda naskah drama singkat Naskah pidato Noah Obat Diabetes Obat Sakit Gigi Ogoh ogoh Olah Raga Atletik olahraga operator Origami ost lagu iklan pacar Pajak Pakaian Adat Indonesia Paket Internet pan Pangkat Polisi Pantun Pantun Bahasa Jawa Pantun Betawi Pantun Cinta Pantun Jenaka Pantun Lucu Pantun Pernikahan Pantun Sunda Paper Ekonomi Paragraf Eksposisi Paragraf Narasi pasang iklan pb Pelanggaran Ham Pemerintahan Pemrograman pendidikan Pengertian Pengetahuan Alam Penghargaan Awards Pengumuman Penyaringan air isi ulang Peraturan Olah raga Perawatan Kaki Perawatan Wajah Percakapan Bahasa Inggris Percetakan Percobaan Fisika Percobaan Kimia Peribahasa pernikahan Pernikahan Artis Perpisahan Perpisahan Sekolah pes pidato pidato pernikahan PKN PKN smp Plesetan Lucu Polisi politik Prakarya Produk jasa Profile Penyanyi Profile Politisi Profile Presenter Prolog Proposal usaha Puisi Puisi Bahasa Inggris Puisi Bahasa Sunda Puisi Cinta Puisi Galau Puisi Islami Puisi Jawa Puisi Keindahan Alam Puisi Pagi Puisi Perpisahan Puisi persahabatan Puisi Rindu Pupuh Sunda putus cinta rahasia alam Ramadhan ramalan Rangakaian Elektronika Rasulullah Nabi muhammad rcti Remaja renang resep resep bubur Resep Bulu Kukus Resep Kolak Resep Minuman Es Resep Obat Tradisional Alami Resep Tahu romantis RPP Silabus rumah Rumah Adat Rumus Fisika rumus matematika Sajak Bahasa Sunda SD Segitiga Sekolah Seni Patung sepak bola sepeda motor serial drama setting Internet modem Sinopsis Drama Korea Sinopsis Film Indonesia Sinopsis Novel Sinopsis Senetron situs terkenal SMA SMK Smp sms SMS Lucu sms ucapan Soal Latihan Ujian Soal SNMPTN Soal Spikotes Soal Ujian Nasional software Software Akuntansi sosiologi Spanduk Spongebob Status Facebook strategi Futsal sumpah pemuda surat Surat Lamaran kerja Surat Permohonan Tafsir Al-Quran Tanaman Obat Tanya jawab Bahasa Inggris Tarian adat Indonesia tata Negara Tebak Tebakan Teknik Fotografi Teknik Olahraga Teks Pidato Bahasa Inggris Telkomsel tempat Tempat Tujuan Objek Wisata Tenaga Dalam Tentang Cewek Tentang Cowok tentang Kehidupan Tentang Pendidikan Teori Fisika Ternak Lele test Tip Hape Tips Tips Anak Tips Baju Tips Bisnis Tips BlackBerry Tips Cinta Tips Computer tips dan trik Tips dan triks Tips Diet Tips facebook Tips Flashdisk Tips HP tips Internet Tips kecantikan tips Keluarga Tips Komputer Tips Laptop Tips mata Tips Memasak Resep Steak Tips Memperbaiki Printer tips obat tradisional Tips Photoshop Tips Rambut Tips Resep masakan Tips Rumah Tips Tes Tips Tidur tips Tingkah laku tips Tubuh Tips Twitter Tips Wajah Tips Windows 7 Tips Windows xp toko online tools Trik Sulap Tugas Akhir tutorial tutotial tv online Ucapan Ucapan cinta ucapan Puasa Ucapan Selamat Pernikahan Ucapan Selamat Selamat Malam Ucapan Selamat Selamat Pagi Ucapan Selamat Ulang Tahun Ukuran kertas Umpan Ikan Undangan unik Upacara Adat Bali Upacara Agama Update Anti Virus usaha VB video Video Bola Video Klip video lucu Video Memakai Jilbab Video Musik Wallpaper cantik wallpaper Islam wanita Wanita Muslim wisata xl yoko Youtube